Selasa, Februari 10, 2009

Taman Nasional Gede Pangrango




Taman nasional ini terletak diantara Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Cianjur. Terdapat dua buah puncak yang terkenal yaitu Puncak Gede dan Puncak Pangrango. Lokasi ini menjadi tempat favorit untuk para pencinta alam yang berasal dari wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. Ketinggian kedua puncak ini sekitar 1000-3000 m dengan suhu rata-rata berkisar 18ยบ Celcius. Gerbang utama untuk menuju puncak Gede Pangrango adalah melalui jalur Cipanas dan Cibodas. Bagi para pencinta alam, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke tempat ini.

Objek-objek menarik yang terdapat di lokasi ini antara lain:

  • Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
  • Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat.
  • Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Puncak dan Kawah Gunung Gede. Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur, Sukabumi dan Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.
/Rem
Sumber gambar: http://farm3.static.flickr.com/2045/2512947678_2426410950.jpg

Tidak ada komentar: