Rabu, Februari 11, 2009

Gunung Tangkuban Perahu



Cerita Sangkuriang lekat dengan legenda Gunung Tangkuban Parahu. Kisah percintaan terlarang antara ibu dan anak menjadi dongeng pengantar sebelum tidur.

Dalam bahasa Sunda, Tangkuban Parahu bisa diartikan perahu yang tengkurap. Dari kota Bandung, gunung ini memang seperti perahu yang terbalik.

Namun bukan legenda itu yang membuat gunung itu menarik dikunjungi. Terletak sekitar 20 kilometer dari kota Bandung, Tangkuban Parahu adalah satu dari banyak gunung berapi di Pulau Jawa. Hingga saat ini, kawahnya masih aktif dan mengepulkan hawa belerang panas.

Gunung ini terakhir meletus pada 1910. Akibat letusan itu, lahirlah 9 kawah yang aktif. Beberapa diantaranya adalah Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak.

Selain menikmati kawah berapi, gunung ini juga memanjakan wisatawan dengan alamnya yang indah. Hutan Jayagiri di kaki gunung, bisa menjadi salah satu pilihan bagi penggemar olah raga hiking. Siapkan sepatu kets, Anda pun siap menjelajah hutan pinus yang rindang.
/Dew

Sumber gambar: http://fc01.deviantart.com/fs5/i/2004/279/9/4/Bandung_Crater_by_SqueakingShoeless.jpg

Tidak ada komentar: