Rabu, Februari 11, 2009

Taman Edelweis di Puncak Papandayan



Taman ini terletak di Puncak Salada yang merupakan puncak tertinggi dari Gunung Papandayan. Gunung Papandayan terletak di Propinsi Jawa Barat, tepatnya diantara Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Gunung Papandayan dapat dicapai melalui pintu masuk yang berada di Desa Cikajang. Dari Cikajang, kita melanjutkan perjalanan menanjak ke arah kaki Gunung Papandayan. Sebenarnya jalur ini muat dilalui oleh kendaraan roda empat, tapi bila anda memang berniat untuk menikmati pemandangan pegunungan sambil menjajal kemampuan fisik anda sebagai pencinta alam, disarankan untuk menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Hawa yang dingin akan mulai terasa ketika kita sampai di kaki gunung, terlebih bila senja menjelang. Tapi jangan khawatir, dikaki gunung ini, untuk pengunjung yang berniat untuk beristirahat, anda dapat menemukan banyak penduduk setempat yang menjual makanan seperti: jagung bakar, mie rebus, ubi rebus dan minuman hangat. Jadi anda bisa menikmati hidangan ala kadarnya tersebut sambil menunggu tenaga anda pulih untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak Salada.

Bila tenaga anda sudah pulih, silahkan melanjutkan perjalanan anda ke arah Puncak Salada. Tapi anda harus berhati-hati karena jalur dari kaki gunung menuju Salada menanjak dan melalui kawah-kawah yang masih mengeluarkan hawa belerang. Disarankan untuk menggunakan masker penutup mulut dan hidung untuk mencegah keracunan gas belerang tersebut.

Dalam waktu sekitar 2-3 jam, anda akan segera sampai di Puncak Salada. Dipuncak ini anda akan menemukan taman bunga Edelweis. Tapi mohon agar jangan memetik bunga ini karena termasuk bunga yang dilindungi. Bila anda nekad dan tertangkap oleh polisi hutan atau jagawana anda akan mendapatkan sangsi hukum.

Bila anda memang benar-benar berniat memenuhi hasrat kecintaan anda terhadap olahraga pegunungan, dari Puncak Salada anda bisa melanjutkan perjalanan melalui hutan dan perkebunan teh. Jalur itu nantinya akan tembus ke daerah Ciwidey dan Pengalengan di wilayah Bandung Selatan. /Rem

Sumber gambar: http://www.thejakartapost.com/files/images2/p21-apanoramic.jpg

Tidak ada komentar: